5   +   10   =  
Bagikan

Kita harus selalu pede loh sob, soalnya kenapa sob? Soalnya ada istilah kalau, generasi muda adalah pilar penting dalam sebuah negara. Wow, kerenkan! Sobat Muda semua adalah penerus yang bakal menggantikan generasi tua.

Kualitas generasi muda akan berdampak pada setiap perkembangan kemajuan sebuah negara. Semakin berkualitas generasi mudanya maka suatu negara akan mengalami perkembangan yang baik pula.

Sobat Muda nantinya akan menggantikan generasi tua dalam berbagai sektor baik dalam aspek kehidupan sehari-hari maupun dalam sistem pemerintahan.

Inilah kenapa kualitas kalian saat ini sangat penting sob! Mengingat juga nantinya Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana tenaga kerja produktif terutama para anak muda akan tinggi jumlahnya. Bila kualitas sobat tidak diasah dari sekarang maka Sobat Muda terancam gagal bersaiang dalam bonus demografi yang bakal terjadi pada tahun 2020-2030. Parahnya lagi hanya akan membuat negara ini semakin suram dengan permasalahan pengangguran dan kemiskinannya. Mengerikan bukan?

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kualitas anak muda?

Kita tahu jika semua kebijakan terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia ditentukan melalui kebijakan yang disusun oleh pemerintah. Pemerintah merupakan representasi dari masyarakat karena dipilih melalui proses politik secara demokratis. Setelah pemerintahan tersusun maka berbagai kebijakan di sektor kehidupan manusia diatur untuk kebaikan bersama. Termasuk hajat kita sebagai anak muda bangsa tercinta ini!

Tapi bagaimana pemerintahan yang sekarang sob?

Ini pertanyaan yang perlu dijawab kita semua sob.

Pemerintahan saat ini masih didominasi oleh golongan tua, dan para anak muda memilih menjadi apatis karena phobia terhadap hal-hal berbau politik.

Memang ini bukan sepenuhnya salah anak muda. Ini merupakan ekses dari Pemerintahan era Orde Baru yang paternalistik kemudian tetap berlanjut hingga era reformasi. Anak muda masih dianggap sebagai sosok anak yang belum berpengalaman sedangkan para golongan tua menganggap dirinya lebih berpengalaman maka lebih baik mereka yang mengurusi perihal pemerintahan.

Baca Juga  Usia Menteri Pemuda dari Zaman ke Zaman!

Oke, sekarang kita coba lihat gimana si kedudukan kita dalam undang-undang. Jadi dalam Undang-Undang Kepemudaan No. 40 Tahun 2009 Pasal 17 Ayat 3 disebutkan bahwa peran aktif pemuda sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan pendidikan politik dan demokrasi. Pemerintah berupaya untuk mengajak anak muda supaya berpartisipasi dan berperan aktif dalam pemerintahan dan politik.

Jadi kalian semua sob, diharapkan dapat menjadi agen yang lebih inovatif dan berperan aktif, sehingga anak muda sekedar mengkritisi kebijakan pemerintah. Namun, juga mau turut serta memperbaiki dengan cara masuk ke dalam pemerintahan.

Sobat Muda mesti melihat kembali sejarah bangsa kita ini. Sejarah masa lalu kita sudah mengajarkan bagaimana peran anak muda di era pergerakan kemerdekaan serta tumbangnya Orde Baru. Anak muda memberikan kontribusi nyata untuk perubahan bangsanya.

Melalui pendidikan politik, kita sebagai Sobat muda jangan sampai terkonstruk bahwa politik hanya berisi tentang korupsi. Politik adalah soal bagaimana menciptakan tatanan yang adil dan mensejahterakan.

Kita bisa merubah kondisi negara ini melalui politik. Salah satu caranya adalah berafiliasi dengan partai partai yang Sobat Muda minati dan terjun langsung menjadi masuk dalam pemerintahan.

Sobat Muda adalah agen perubahan suatu negara. Partisipasi Sobat Muda dalam kancah politik diharapkan akan membawa perubahan dalam demokrasi kita. Oleh karena itu, janga sampai kita apatis dan masa bodoh dengan politik.

Jangan sampai Sobat Muda bermalas-malasan saja!

Soba Muda adalah penentu maju mundurnya negara kita ini. Oleh karena itu, saatnya Sobat Muda menjadikan Indonesia menjadi negara yang disegani di kancah dunia.


Bagikan