4   +   9   =  
Bagikan

Ketika kita mendengar kata komunitas, yang kebayang di kepala adalah sekumpulan anak-anak muda yang lagi melakukan berbagai kegiatan, keren, dan produktif. Kalian gitu juga ga si?

Menurut James P. Spradley, seorang antropolog, komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya. Karena berbagi pengalaman merupakan salah satu metode sederhana yang membuat manusia dapat membangun perabadan yang makin canggih hingga sekarang.

“Berbagi pengalaman merupakan salah satu metode sederhana yang membuat manusia dapat membangun perabadan yang makin canggih hingga sekarang”

Gen Z sebentar lagi bakal jadi ujung tombak dari pembangunan SDM unggul, jadi motor penggerak perubahan kearah yang lebih baik dalam masyarakat. Bisa dibilang  gen Z  merupakan salah satu aset negara yang ga ternilai harganya.

Biasanya anak-anak muda selalu punya segudang ide kreatif yang dituangkan dalam suatu wadah komunitas. Ada banyak komunitas yang punya banyak kegiatan positif dan bisa bawa pengaruh positif pula pada masyarakat. Seperti komunitas sosial, komunitas religi, komunitas musik, komunitas traveller, dan masih banyak komunitas-komunitas lainnya baik yang level lokal maupun level nasional.

Nah, berangkat dari pernyataan itu, timbul pertanyaan. Penting ga sih kita ikut komunitas? Trus, apa manfaatnya buat diri sendiri dan masa depan bangsa? Yuk! Kita ulas satu persatu.

1. Gen Z  bisa dapet kawan baru

Menurut saya, kalau kita ikut aktif dalam suatu komunitas, kita bisa ketemu dengan banyak temen baru yang tujuan, minat, dan hobinya sama. Kebayang dong gimana asiknya kita ngumpul bareng dengan teman-tema baru yang punya segudang pengalaman dan ide kreatif! Pasti seru dan berfaedah banget obrolannya.

2. Wawasan Gen Z jadi lebih berkembang

Di dalam komunitas, kita pasti ketemu dengan berbagai macam orang dari kalangan yang beragam. Dan hal itu ngedukung kita untuk dapat banyak sudut pandang yang mungkin sebelumnya belum kita tahu. Nah, dari banyaknya interaksi dan sudut pandang itulah akhirnya kita jadi dapat ilmu dan wawasan yang semakin luas. Kerenkan!

Baca Juga  Demonstrasi Asik ala Gen Z

3. Gen Z  membuka peluang baru

Pada era digital saat ini, peran komunitas dianggap sangat penting untuk mencapai suatu tujuan bersama, baik tujuan sosial ataupun bisnis. Misalnya, dalam bidang sosial, komunitas bisa menjadi wadah untuk kita bisa lebih bermanfaat untuk sesama anggota bahkan orang lain diluar anggota. Harus tahu nih, lowongan kerja dari temen komunitas juga banyak lho! Trus dibidang bisnis, komunitas juga bisa jadi media ampuh untuk strategi pemasaran dan malah dari temen-temen komunitas bisa jadi  mitra bisnis untuk ngembangin usaha.

4. Gen Z penentu masa depan bangsa

Negara butuh  generasi Z yang berfikir positif, kreatif, inovatif, produktif, dan peka terhadap lingkungan. Nah, dengan berbagai kegiatan positif dalam komunitas kita bisa ningkatin produktifitas, kreatifitas, dan bahkan bisa nyiptain inovasi baru untuk kemajuan bangsa dan negara.

Gimana? Pentingkan ikut komunitas?! Ada banyak banget manfaat yang kita dapet kalau kita gabung kesalah satu komunitas. Makanya buruan cari komunitas yang sesuai dengan hobi kalian! Karena bangsa yang keren, dilihat dari anak muda yang keren.

 

Isna Iskandar adalah Deputy Youth Activism dari perkumpulan warga muda,  ia merupakan seorang guru SMK yang aktif dalam  dunia pendidikan, kepemudaan dan pelajar.  ia adalah lulusan sarjana Hubungan Internasional Universitas Jayabaya Jakarta, dan saat ini  sedang menempuh magister ilmu politik di Universitas Nasional dengan fokus studi politik lokal.


Bagikan