9   +   1   =  
Bagikan

Cuci tangan. Kata-kata yang terdengar biasa menjadi sangat penting saat ini. Bagaimana tidak, saat ini masyarakat di Indonesia bahkan diseluruh dunia sedang dicemaskan dengan mewabahnya virus COVID-19 atau dikenal dengan nama lain Corona.

Sejenis virus yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan yang mendadak menjadi teror mengerikan yang telah memapar ribuan manusia bahkan sampai merenggut nyawa dalam waktu yang cepat. Ngeri ya guys!

Berawal dari banyaknya masyarakat yang terjangkit virus ini di kota Wuhan, Tiongkok lalu menjalar hampir keseluruh dunia, maka virus yang gejalanya  mirip seperti flu biasa dan dapat ditularkan melalui tranmisi cairan dalam jarak satu meter, transmisi udara, kontak seperti mata, lidah, luka terbuka dan lain-lain.

Selain itu bisa juga transmisi dari hewan misalnya mengonsumsi hewan-hewan liar dan terakhir kontak secara langsung dengan pasien dinyatakan sebagai penyebab darurat global oleh World Health Organization (WHO).

Pemberitaaan tentang wabah virus ini pun beragam dan sangat cepat sehingga mengakibatkan kepanikan dalam masyarakat dan yang terjadi adalah masyarakat berbondong-bondong memborong alat kesehatan seperti masker, handsanitizer, dan segala macam makanan serta keperluan lainnya.

Jangan panik, apa lagi piknik!

Kalian ngerasain semacam budaya ga si, barang-barang mendadak mahal dan langka kalo lagi diperluin? Yup! Ini juga ni yang terjadi di Indonesia. Masyarakat panik. Menyebabkan mereka belanja segala macam keperluan dan makanan bahkan alat-alat kesehatan sebanyak-banyaknya. Bukan berarti juga kalian malah pergi piknik ya!

Kalian ga termasukkan guys?!

Sebagai pemuda, kita wajib baca dan cari tahu apa aja yang harus kita lakukan untuk mencegah virus ini supaya kita, keluarga, serta lingkungan terdekat ga terpapar. Yang harus kita tahu, virus COVID- 19 atau Corona itu hanya mampu menyerang orang-orang yang kondisi fisiknya ga fit atau kurang prima. Jadi kalo kalian keadaan tubuhnya bagus dan prima ga perlu panik, tapi wajib mencegah.

Baca Juga  OK Boomer, Picu Perang Generasi?

Nah, sebagai upaya meningkatkan pencegahan penyebaran virus COVID-19 atau Corona, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak semua masyarakat melakukan pencegahan melalui kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Apa sih Germas?

Germas itu guys, sebuah gerakan yang bertujuan untuk mensosialisasikan budaya hidup sehat. Seperti melakukan aktifitas fisik (melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit sehari, jalan kaki, melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, dll), makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak meminum alkohol dan menggunakan narkoba, cek kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan (membuang sampah, menggunakan air bersih, menguras bak air, dll), dan sering cuci tangan.

Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

Nah, jadi ga boleh panik ya guys! Tapi juga harus tetap waspada. Buat kalian yang mau mendapatkan media edukasi dan informasi serta situasi perkembangan COVID-19 atau Corona kalian bisa mengakses :

  1. Halo Kemenkes :1500567
  2. Hotline Emergency Operation Center (EOC) : 119 atau  081212123119
  3. Twitter : @KemenkesRI
  4. Facebook : @KementerianKesehatanRI
  5. Instagram : @kemenkes_ri
  6. Website: who.int, www.infeksiemerging.kemkes.go.id, www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Jadi, ayo terapkan hidup sehat dan peduli kebersihan lingkungan! Negara yang kuat, berawal dari pemuda yang sehat!


Bagikan